16 November 2010

Loner / Introvert

apa yang kalian dengar ketika mendengar kata loner = penyendiri / introvert?  mungkin kalian mengira kalo orang ini tuh orang yang nggak punya temen di dalam hidupnya,orang yang nggak mau bersosialisasi,orang yang tertutup,orang yang sombong,atau bahasa kasarnya kita menyebutnya orang sakit jiwa. mungkin kita akan menaikkan alis a.k.a heran kalo di sekitar kita tuh ada orang semacam ini. buat apa sih dia menghindari orang? buat apa sih dia prefer untuk sendiri? bukankah manusia itu adalah makhluk sosial? well,kita nggak bisa judge si loner itu aneh lah,sakit jiwa lah. mungkin dia punya alasan sendiri untuk menjadi loner itu.


loner juga bisa di samakan dengan orang yang introvert. biasanya orang yang introvert itu di gambarkan sebagai orang yang kaku,orang yang tertutup,orang yang pemalu. dan orang introvert/loner akan bisa lepas atau terbuka ketika bertemu dengan orang yang ia anggap cocok dengannya. introvert biasanya berpikir dulu apa yang ingin di bicarakan.


Menurut seorang ahli psikologi, orang introvert dapat sukses dalam bidang yg dia geluti asal memiliki motivasi diri, manajemen diri, self awareness, serta berinteraksi dengan masyarakat dan lingkungan sekitar


Jadi,kalau kalian menemukan orang semacam ini,jangan di anggap sebagai orang aneh. coba dekati dirinya perlahan perlahan (karena biasanya loner/introvert itu mempunyai perasaan yang peka) dengan cara menyapanya atau sekedar memberi senyuman. itu akan membuat mereka merasa di hargai. dan ketika mereka kehilangan kata kata,jangan berkata "hei ada apa?" atau "kamu baik baik saja?" karena itu akan membuat mereka sedih,nggak nyaman,dan merasa hilang semangat.

2 komentar:

  1. -hidup tanpa masalah akan menadikan kamu lemah- (maaf, mengutip tanpa izin, hehehehe...)

    baru tau gw kl u berbakat nulis, :)

    oia, gw setuju kesimpulan u tentang orang-orang yang introvert...gw da lupa buku-buku psikologi yang bahas tentang ini...yang jelas introvert bukanlah masalah (tetapi kl tidak direspon dengan baik bisa saja menjadi masalah). Orang introvert bisa tampil sebagai orang-orang yang berbakat dan ahli.Dugaan kk, ini terjadi karena orang introvert sangat serius dengan apa yang mereka minati. Sayangna,banyak orang yang lupa akan hal ini dan menuduh mereka sebagai orang-orang aneh yang sibuk dengan dunianya sendiri.

    Benar bahwa orang-orang introvert lebih suka menyendiri tp jangan pernah menganggap mereka kesepian krn mereka memiliki dunia dan hidup dalam dunia itu. Di dalam dunia mereka ada banak fasilitas yang menjadi sahabat mereka...ada buku, ada musik, bahkan ada sahabat-sahabat yang mengerti keadaan mereka.

    hal yang menjadi masalah mungkin adalah keinginan besar pada diri mereka untuk dipahami dan dimengerti. mengapa kk mengatakan ini sebagai masalah? pertama, entah mengapa terlalu sedikit orang-orang yang mau memahami orang lain yang berbeda dengan diri mereka (bukanna tidak ada loh...hehehe..). kedua, orang introvert pada diri mereka sangat sulit hadir di komunitas tanpa adanya keterbukaan dari komunitas itu. jika demikian, kita kembali pada kutipan di atas..HIDUP TANPA MASALAH AKAN MENJADIKANMU LEMAH...hehehehe.

    oia, bukan berarti kita harus cari-cari masalah y, :). maksud kk, masalah akan selalu ada...datang silih berganti...tidak peduli itu orang introvert atau bukan, masalah akan selalu ada bagi setiap orang. akan tetapi, sebagai orang percaya, kk selalu yakin bahwa kita tidak sendiri menghadapi masalah-masalah kita. masalahnya apakah kita akan menyendiri dalam masalah itu atau menjadikannya sebagai beban bersama? so, jika punya teman yang introvert ajaklah mereka untuk menjadi sahabat. seperti kata u, itu akan membuat mereka merasa berharga. Ajak aja ke PPGT, hahahahaha....

    oia, keknya komen kk da lebih panjang dari note u...hehehehe. pokoke, keep spirit n be strong, sista...

    BalasHapus
  2. haha ini ada yang gue kutip juga kok dari blog orang. tapi gue mix juga sama apa yang ada di pikiran gue hehe.
    thanks for comment,bro! :)

    BalasHapus